Sunday, 6 March 2016

Model-Model E-Commerce di Indonesia

Di postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Sejarah dan Perkembangan E-Commerce . Pada kesempatan kali ini saya akan share beberapa model-model E-Commerce.

sumber: http://www.businessnewsdaily.com/images/i/000/005/645/original/ecommerce.jpg?1396899072

Model-Model E-Commerce di Indonesia

  • Marketplace

    Atau bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. marketplace umumnya menyediakan lapisan keaman tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sitem pembayaran escrow atau lebih umum dengan rekening bersama. Jadi setiap transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirim oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.
  • Retail

    Merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun  biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora dan Lazada.
  • Iklan baris

    Merupakan salah satu bentuk e-Commerce yang tergolong sederhana, bisa dianggap sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunkasi secara langsung untuk bertransaksi. contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga dan FJB-Kaskus.



sumber: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Sejarah_dan_Perkembangan_E-Commerce

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan ber-komentar